;

Jalan : Mayor Oking

Siluet gunung Salak terlihat samar dari ujung jalan Mayor Oking dekat Jl. Ma Salmun . Terhalang oleh sebuah bangunan yang entah apa serta tiang listrik . Dulupun sekitar tahun 1982 , siluet gunung yang melambangkan Bogor ini juga terhalang , hanya bukan oleh bangunan tapi oleh rimbunnya jejeran pogon kenari disisi kanan dan kiri.

Dulu disini ada sebuah TK , TK YWKA (Yayasan Wanita Kereta Api) , hanya sekarang sudah entah kemana . Dulu di ujung jalan ini ada jejeran tempat pangkas rambut tapi sekarang sudah tergantikan dengan pintu masuk ke stasiun Bogor . Dulu di sebelah kanan terdapat Muria Plaza , Holland Bakery dan tempat dingdong/video game . Muria Plaza entah sudah berapa tahun menjadi bangunan bobrok tak bertuan dan tak terurus .


Dulu jalan yang diberi nama pahlawan Bogor yang ikut menumpas DI/TII dan bertangan satu ini rindang dan tidak begitu ramai . Paling ramainya hanya di Muria Plaza . Sekarang antrean angkot yang menunggu penumpang-lah yang meramaikan di persimpangan dengan Jl. Kapten Muslihat . Padat dan gersang itulah jalan ini sekarang . Sebagai pengganti pohon kenari , banyak tempat usaha yang menggantikannya . Hanya terlihat beberapa pucuk pohon cemara yang berdiri gagah tapi tak mampu menahan sinar matahari dan memberikan rasa sejuk pada manusia-manusia yang lewat .

Hanya ada satu yang belum berubah, sebuah toko furniture tempat dulu bunda membelikan tempat tidur dan peralatan , Toko Sinar Sari . Rupanya sesuatu yang lekat dengan kapitalisme lebih mampu bertahan menghadapi perubahan dikotaku ini . 

(Edisi teringat hujan-hujanan dengan seorang teman sepulang sekolah... ehhmm)

Catatan : 
- Angkot no 02/03/12 Merah melalui jalan ini menuju ke Jl. Kapten Muslihat
- foto diambil dengan kamera Xperia M tgl 13-09-2014
Share on Google Plus

About Anton Ardyanto

Terima kasih untuk berkenan membaca tulisan ini. Saya berharap ada yang dapat diambil dan dimanfaatkan dari tulisan ini. Kalau anda berkenan mohon luangkan waktu berharga anda sedikit lagi untuk memberikan sesuatu. Saran, masukan atau kritik akan sangat berharga bagi saya. Apalagi kalau anda berkenan share tulisan dari blog ini kepada yang lain.

Thank you for your time to read my writings. It means a lot to me. I really hope that there is something that you, the reader can take from my writing. I would be honored if you can spare a bit more of your precious time to let me have your comments or even your critics. I would be more than grateful if you can share something from this blog to other people.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment